Saturday, July 27, 2019

Cara Agar Artikel Cepat Terindek Google Dalam 10 Menit



Enak-O - Bagi para Blogger yang baru saja membangun sebuah blog pasti kendala salah satunya ialah artikel yang lama sekali muncul atau diindek oleh Google. 

Seperti pengalaman saya sewaktu blog saya masih berumur 3 hari, agar artikel terbaru saya muncul di site:http itu membutuhkan waktu sekitar 3-5 hari.

Saya mencoba mencari di internet dan youtube berharap menemukan cara agar artikel Terindex dengan sangat cepat. Ternyata sangat sulit menemukan artikel yang benar benar memberikan cara yang ampuh. Kebanyakan mereka mengatakan bahwa agar cepat diindek harus menggunakan google search console dan menggunakan fitur inspect url.

Namun itu hanya untuk blog yang memiliki umur lama, tidak untuk blog baru. Pada saat itu saya sempat menyerah untuk mencari cara, saya berpikir mungkin satu satu caranya ialah menunggu blog kita memiliki umur yang lama.

Namun, keajaiban muncul beberapa hari setelah itu, tanpa sengaja saya menemukan sebuah video youtube yang benar benar membahas tentang cara Indek cepat dan Alhamdulillah hasilnya memang ampuh.  

Semua artikel saya coba dengan cara tersebut dan akhirnya semua artikel saya bisa muncul di google hanya dalam waktu kurang dari 10 menit saja, walaupun belum bisa muncul di halaman pertama, tapi setidaknya hati sedikit senang melihat artikel sudah ada du google.

Dari pengalaman itulah, maka dari itu disini saya akan membagikan caranya untuk kamu yang mengalami susah Indek pada artikel blog baru. Disini saya akan membagikan 2 cara yang wajib kamu lakukan dan pahami keduanya agar artikel kamu benar-benar muncul di google dengan sangat cepat.

Ok, bagaimana caranya? Silahkan baca caranya di bawah. 

1. Gunakan Search Console Terlebih Dahulu

Pada penjelasan diatas saya mengatakan bahwa search console hanya bisa melakukan indek cepat pada artikel yang ada di blog dengan umur yang sudah lama. 

Ya, itu memang benar, tapi ini juga wajib untuk para pemilik blog baru, walaupun search console tak mampu mengindek cepat artikel di blog baru, setidaknya itu akan berguna agar artikel kita benar benar di ketahui oleh Google dan sebagai cadangan suatu saat nanti jika blog kita sudah lama.

Langkah pertama, silahkan masuk ke website search console google Disini

Jika sudah memiliki akun search console silahkan masuk keproperti masing-masing, jika belum silahkan daftar terlebih dahulu.

Jika sudah terdaftar ataupun masuk ke search console, silahkan submit sitemap dengan menulis "sitemap.xml" pada fitur "Peta situs" atau "Sitemap". (jika sudah, tidak perlu lagi karna ini hanya cukup dilakukan 1X saja. Dan silahkan lanjut baca tahap selanjutnya). Kemudian Kirim, dan lihat apakah sitemap yang di submit succes atau tidak. 

Jika seandainya gagal, coba perhatikan bagaimana cara anda menulisnya, karna di awal kata gunakan huruf kecil jangan huruf besar. Jika seandainya masih juga gagal, silahkan masuk ke dashboard Blogger kamu, pergi ke "Setelan" > "Preferensi Penelusuran" > "robot.txt khusus", edit dan masukan teks di bawah :

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0
User-agent: *
Disallow: /search
Sitemap: https://linkblogkamu/sitemap.xml

Note : Ubah tulisan "linkblogkamu" sesuai dengan alamat url / link blog kamu.

Kemudian masuk kembali ke website search console google, lalu submit kembali sitemap,xml sampai succes.

Kedua, Selanjutnya silahkan masuk ke fitur "Inspeksi URL", masukan link postingan yang ingin kamu index dan jangan lupa hapus kata "?m=1", yang terdapat setelah kata html (diakhir).
Biarkan proses berjalan hingga selesai, jika sudah, pilih "Minta Pengindeksan" biarkan proses indek berjalan sampai selesai. Jika sudah, pilih "UJI URL AKTIF" dan sama, biarkan proses berjalan hingga selesai.

Nah, jika kamu sudah melakukan semua cara diatas, berarti kamu sudah melakukan indek artikel di search console. Selanjutnya, agar proses indek artikel  muncul di google dengan cepat, silahkan lanjut ke Tahap 2.

2. Lakukan Indek Artikel Melalui Pingler,com

Nah, tahap kedua atau tahap terakhir ini adalah tahap yang sangat penting menurut saya, mengapa penting? Karena pada tahap inilah cara yang bisa membuat artikel cepat Terindex dan perlu kamu tau, tidak semua orang mau membeberkan triknya. Soalnya cara ini bisa membuat artikel kamu di indek / muncul di google dalam waktu 10 menit saja.

Caranya mudah. 

Pertama, silahkan kunjungi situs Pingler.com
Kedua, masukan Judul / kata kunci artikel pada kolom pertama yang tersedia, dan selanjutnya masukan link artikel pada kolom kedua, dibawah kolom pertama. (ingat, hapus kata "?m=1" yang ada diakhir link). 

Pilih Category susuai dengan tema artikel kamu. Kemudian tekan "PING". 

selanjutnya, masukan alamat Email kamu, (ini berguna agar pihak pingler dapat mengirimkan laporan bahwa proses indeks telah selesai dan berhasil), lalu tekan "Send Report" dan tunggu 5-10 menit. Setelah itu coba cek artikel kamu di google dengan cara tulis site:link artikel kamu, Pada kolom pencarian.

Gambar Di bawah adalah bukti Indek cepat pada artikel saya. 


Disini saya menunggu sampai 10 menit, bisa lihat jam pada smartphone saya dan jumlah batrai saya yang hanya berkurang 1%. Dan ternyata artikel saya sudah muncul. Untuk kata "6 Jam Yang Lalu", saya tidak tau penyebabnya, mungkin itu hanya sedikit bug pada google.

Sangat cepat sekali kan!

Sekian artikel saya kali ini tentang bagaimana cara agar artikel cepat Terindex oleh Google.
Silahkan share artikel ini keteman teman kamu agar mereka juga tau apa yang kamu tau. Kunjungi terus website ini agar tidak ketinggalan informasi unik lainnya yang mungkin bermanfaat.
Trimakasih



EmoticonEmoticon