Wednesday, August 7, 2019

Cara Agar Poto Tidak Terhapus Saat Reset Hp

Enak-O - Jika hp atau smartphone kita terasa penuh dan lemot, padahal tidak banyak aplikasi dan file yang kita simpan. Mungkin langkah terakhir yang akan digunakan untuk membuat penyimpanan terasa lega kembali adalah dengan mereset smartphone kita dengan menggunakan fitur "kembali kesetelan pabrik".


Ya, fitur tersebut adalah sebuah fitur yang dapat menghapus semua file baik itu aplikasi, gambar, vidoe, catatan dan lain lain tanpa menyisahkan sedikit pun, kecuali aplikasi yang memang bawaan dari smartphone, contohnya : aplikasi telpon, sms, browser (google) dan lain sebagainya.

Kembali ke setelan pabrik, juga mampu menghapus file yang sangat sangat tersembunyi dan bahkan tak kamu sadari keberadaannya. Seperti contohnya yaitu VIRUS. 

Itulah mengapa fitur ini sangat berguna sebagai cara cepat memulihkan berbagai macam gangguan pada smartphone, seperti memori penuh tapi tidak tahu apa penyebabnya, lemot saat di jalankan, dan bahkan lupa pola sekali pun bisa terbuka hanya dengan menggunakan fitur tersebut.

Kembali pada pembahasan diatas, seperti yang saya sebutkan bahwa reset smartphone dapat menghapus semua file yang tersimpan di smartphone termasuk poto. Untuk para cewe - cewe, kehilangan game, akun game dan aplikasi bukanlah hal yang mengerikan. 

Hal yang paling mengerikan bagi mereka adalah ketika kehilangan Poto poto syantik yang telah selesai di edit, apalagi poto yang memiliki background atau latar tempat wisata yang telah mereka kunjungi sebelumnya.

Tenang saja, disini saya akan memberikan cara agar kamu bisa melakukan Reset pada smartphone tanpa harus kehilangan poto dan video syantik kamu. Dan pastinya cara ini tidak memerlukan kartu memori sebagai tempat menampung, dan tak perlu menggunakan 2 buah Smartphone atau metode kirim mengirim. Ya, siapa juga mau nampung poto poto kamu yang jika di jumlahkan memiliki size yang besar.

Bagaimana caranya?

Silahkan simak caranya di bawah ini.

Langkah - Langkah (Ada 2 Cara)

1. Download Aplikasi ZArchiver

Sedikit penjelasan, aplikasi ZArchiver adalah sebuah aplikasi yang dapat mengubah format file menjadi 7z, zip, dan lain lain. Dengan aplikasi ini kamu dapat mengumpulkan semua poto dan video kamu menjadi 1 file dengan size sesuai dengan jumlah size semua poto dan video yang kamu kumpulkan.

Fungsinya?

Dengan mengumpulkan poto dan video kamu menjadi 1 file. Kamu tak perlu berulang - ulang kali mengunggah poto kamu ke penyimpangan Internet. (yaitu mediafire, google drive, dan lain-lain).

Cara penggunaan :

A. Download aplikasinya ZArchiver di Playstore.

B. Buka Aplikasi tersebut, cari folder tempat poto dan video kamu tersimpan.

Untuk pengguna xiomi atau redmi. Silahkan filih folder Dcim, disana tempat poto kamu yang tersimpan di folder "Kamera". 
Tapi, jika poto atau video kamu atau tersimpan di folder lain silahkan cari  nama foldernya sesuai di galeri kamu.

C. Jika ketemu,  (1) silahkan tekan tanda centang 2 di bagian atas, (2) kemudian pilih poto dan video yang ingin kamu jadikan 1 file. Jika sudah, (3) pilih tanda centang 1 berbentuk bulat terletak di bagian bawah kanan. (4) Kemudian pilih tanda kotak kota pada bagian atas (disamping tanda centang 2), (5) pilih "Kompres" (6) pilih OK.


Biarkan proses selesai, maka kumpulan poto dan video kamu sudah menjadi 1 file dengan format zip / 7z.

2. Gunakan Web Di Internet Sebagai Memori Tempat Menyimpan File Yang Berisi Kumpulan Poto Dan Vidoe Kamu.

A. Ada 2 Website tempat penyimpanan yang terpercaya menurut saya yaitu Google Drive dan Mediafire. (pilih salah satu). Saya merekomendasikan sebaiknya menggunakan GoogleDrive saja.

Aplikasi Google drive biasanya langsung tersedia di dalam smartphone secara otomatis. Saat menggunakan google drive, usahakan kamu tau alamat dan Password akun Gmail yang terkait. Ini berguna untuk menghapus kembali poto yang di Unggah. (tidak terlalu penting).

B. Silahkan Unggah file yang berisi kumpulan poto dan video kamu tadi ke GoogleDrive.

Caranya : Buka Aplikasi Google Drive, (1) Pilih tanda tambah pada bulatan berwarna biru, (2) Pilih Upload (3) Silahkan upload file yang berisi poto atau video kamu, tunggu sampai proses selesai, (4) Tekan titik 3 pada file, (5) Aktifkan berbagi link, kemudian (6) pilih salin link, (link atas otomatis tercopy, paste ke catatan untuk melihat linknya), Jangan lupa catat di kertas link downloadnya yang telah disediakan.


Note : Jangan catat di catatan smartphone, karna akan ikut terhapus juga.

3. Saatnya lakukan reset, jangan takut poto dan video kamu terhapus, karna kamu dapat mengambilnya kembali setelah proses reset (kembali kesetelan pabrik) selesai.
Dengan cara :

A. Buka Google / atau aplikasi browser bawaan smartphone kamu. Kemudian ketik link yang sudah kamu catat di kertas tadi si kolom pencarian. Maka akan tertuju kesebuah web google drive (download), silahkan download file itu dengan mengklik tanda panah menghadap ke bawah yang terletak di bagian atas.

B. Silahkan download file tersebut.

C. Jika sudah, download lagi aplikasi ZArchiver, kemudian buka aplikasinya, pilih folder tempat file yang kamu download tersimpan, jika ketemu, tekan file tersebut lalu pilih ekstrak disini. Biarkan proses selesai.

Ok, sekarang poto dan video kamu sudah kembali ke smartphone kamu.

Sekian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat, jangan lupa pula untuk share artikel ini keteman teman kamu agar mereka juga tau apa yang kamu tau. Kunjungi terus website ini agar tidak ketinggalan informasi unik lainnya yang pastinya akan selalu update artikel terbaru.
Trimakasih



EmoticonEmoticon