Saturday, July 13, 2019

Cara Mudah Memperbaiki Kabel Usb Yang Rusak

(foto : pixabay) 

Enak-O - Hampir semua pengguna smarphone pernah mengalami kerusakan pada kabel usb charge mereka. Kerusakan pada usb ini berupa kelonggaran dan lamanya waktu dalam mengisi daya batrai smartphone. Langkah terbaik jika mengalami hal seperti ini sebenarnya ialah mengganti kabel usb atau langsung mengganti dengan membeli charge baru. Tapi masalahnya, bagaimana jika tidak punya uang untuk membeli kabel usb atau charge baru?

Jika anda tidak punya uang untuk membeli usb atau charge baru, maka disini blog Enak-O siap memberikan cara / tutorial sederhana untuk cara memperbaiki kabel usb charge tanpa harus mengeluarkan modal sedikitpun.

1. Lihat kerusakan apa yang di alami usb tersebut

Pertama hal yang harus kamu ketahui tentunya masalah kerusakan pada kabel usb anda. Apakah usb anda longgar saat melakukan proses charge? Atau usb anda membutuhkan waktu yang lama untuk mengisi baterai. Ini lah yang harus anda ketahui sebelum memulai memperbaikinya.
Jika anda sudah Menemukan masalahnya  lanjut ke nomor 2.

2. Memperbaiki ujung usb yang longgar langsung mengisi daya pada smartphone

Faktor umum yang mempengaruhi kelonggaran pada ujung usb adalah :

A. Cara anda mencabut hp anda saat ingin berhenti charge.

Jangan mencabutnya dengan cara menggoyang goyangkan ujung charge ke kiri dan kekanan karna ini bisa mempengaruhi ujung usb anda sehingga menjadi longgar pada saat melakukan proses charge smartphone. Walaupun saya tidak bisa menjelaskan mengapa hal itu bisa terjadi, tetapi saya telah mengalami hal sepet itu pada usb saya.

B. Keseringan menggunakan usb

Hal ini hanya dipahami dan dialami oleh para pengguna smartphone yang telah memakai dan tidak menggantinya dalam waktu yang lama sampai. Lebih dari 2 tahun lebih. Yang namanya barang tua pasti memiliki kerusakan, seperti smartphone yang sudah bertahun tahun. Kerusakan yang umum terjadi yaitu kerusakan pada batrai. Batrai tidak mampu bertahan lama saat dimainkan sehingga terpaksa harus memainkannya sambil charge. baik itu menggunakan power bank maupun alat charge langsung.

Inilah penyebab kerusakannya, karna Keseringan cabut pasang usb, sehingga membuat ujung usb tersebut longgar saat dimasukkan ke lubang smartphone untuk melakukan proses charge.
 (cara memperbaiki liat di akhir artikel ini).

3. Cara memperbaiki usb yang lama mengisi daya 

Biasanya hal seperti itu adalah faktor alat charge yang telah tua alias lama. Tapi terkadang tidak juga.
Masing masing charge memiliki kecepatan pengisian yang berbeda, tetapi apa jadinya jika charge kita mengisinya sangat lambat?
Mungkin saja kabel usbnya yang mengalami gangguan. Cek dulu dengan meminjam usb teman anda lalu pasang ke alat charge, liat apakah saat menggunakan usb berbeda Kecepatan pengisian juga berbeda?. Jika ya. Di bawah ini cara sederhana memperbaikinya

4. Cara memperbaiki 2 kerusakan (baik itu usb longgar dan lemot saat mengisi daya) di atas cukup mudah. Anda hanya perlu alat penjepit. Saya merekomendasikan Tang, karna memiliki ujung yang kecil sesuai dengan ujung usb.
Jepit ujung usb anda menggunakan tang, disini anda harus memperhatikan cara menjepitnya. Jangan terlalu kuat karna bisa membuat ujung usb terlalu pipih sehingga tidak bisa digunakan. Tapi, tekanlah secara perlahan sehingga membuat sedikit pipih pada ujung usb anda.


Jika sudah, coba charge handphone anda. Usb anda tidak longgar lagi dan kecepatan pengisian pun biasanya meningkat sedikit cepat.

Saya pernah melakukan hal ini itulah mengapa saya berani membagikan kepada kalian. Pertama saya melakukan charge menggunakan usb yang baru diperbaiki hp saya langsung mengisi batrai dengan cepat tapi ujung usb tersebut terasa sedikit panas.
Ini hanya pertama tama, setelah itu usb saya normal kembali. Ini tidak bertahan lama biasanya setelah 2 minggu akan longgar lagi. Dan lakukan perbaikan sama seperti sebelumnya.

PERHATIKAN : Sebaiknya menggunakan dengan hati hati karna jika terjadi masalah dan hal yang tidak diinginkan, saya tidak bertanggung jawab atas hal itu.

Semoga artikel ini bermanfaat share keteman teman anda agar mereka juga tau apa yang anda tau. Kunjungi terus website ini dan sampai jumpa di artikel berikutnya.
Trimakasih.


EmoticonEmoticon