Monday, July 29, 2019

Cara Edit HTML Template Menggunakan Hp Android


Enak-O - Sebagai seorang Blogger pemula seperti saya, biasanya hanya bisa menggunakan Android sebagai tempat membuat, mengurus dan merenovasi blog. Namun, sayang sekali, saat mencoba melakukan edit html template di browser menggunakan Android ternyata tidak bisa, yang kita dapatkan hanyalah layar lengket (lag) yang luar biasa bahkan memakan waktu yang lama hanya untuk menggeser kode kode pada template.

Seperti pengalaman saya saat pertama kali mencoba ngeblog (membuat blog), saya hanya bermodalkan smartphone android dengan spek kentang. Hal pertama yang membuat saya melakukan edit html saat saya mencoba mendaftarkan blog saya ke adsense, disana saya diperintahkan untuk memasukkan kode yang di berikan adsense ke dalam html template blog.

Saat mencoba membuka html di dashboard Blogger,
Hp saya tiba tiba lengket se lengket lengketnya, sampai gak bisa di geser geser layarnya, hingga saya memutuskan untuk kembali dengan cara memencet tombol keluar dan ada di di tengah tengah hp.

Sempat putus asa saat itu untuk melakukan edit html. Mau kewarnet, tapi desa saya tidak punya warnet, sungguh miris sekali.

Coba cari sana sini, alhamdulillah, akhirnya saya berhasil menemukan cara bagaimana agar bisa edit html melalui hp dan pastinya no lengket lengket. Walaupun cara ini sedikit ribet, tapi bagi saya gak masalah, selama apa yang saya butuhkan bisa dilakukan.

Oleh sebab itu dan pengalaman itu disini saya ingin membantu kalian tentang bagaimana cara mengedit html template menggunakan hp android no lengket (ngelag).

Download aplikasinya terlebih dahulu 

Ternyata di play store banyak sekali terdapat aplikasi yang dapat membantu kita mengutak atik html hanya menggunakan hp saja. Tapi disini saya merekomendasikan aplikasi bernama "Quick Editor". Sebuah aplikasi yang sering saya gunakan, karna salah satu fitur yang ada di dalamnya berupa fitur search atau fitur cari.

Fitur cari ini tentu sangat berguna, seperti pada saat saya ingin mengisi link ke navigasi sitemap. Hanya dengan mengetikan kata "Sitemap", maka saya akan langsung menuju ke kode yang saya cari hanya dalam waktu beberapa detik saja.

Untuk cara menggunakan aplikasi "Quick Edit" sangat2 mudah.
Pertama, silahkan download dulu aplikasinya di play store.
Kedua, Download template yang ingin kamu edit. Sebelum melakukan proses editing html, saya menyarankan agar kamu mencopy template tersebut menjadi 2 terlebih dahulu. Guna sebagai cadangan jika kamu mengalami kesalahan saat proses editing.

Ketiga, masuk ke aplikasinya, silahkan pilih folder tempat kamu menyimpan file template, setelah ketemu file template yang ingin di edit,silahkan pencet, maka template itu akan menjadi kode kode html yang bisa kamu edit sesuka hati di aplikasi itu.


Bisa dilihat, yang saya berikan garis merah itu adalah halaman ke 1 (ori) dan di sebelahnya adalah halaman ke 2 (copy). Jadi seandainya template pada halaman ke 2 kamu ragu ingin memasukan kode apa, ataupun ada kesalahan lain. Maka kamu bisa lihat pada halaman 1 sebagai contoh untuk memperbaikinya lagi.

Sekian artikel saya kali ini. Kira kira seperti itulah cara untuk kita sebagai Blogger yang tidak memiliki laptop agar bisa melakukan editing pada html template. Walaupun caranya agak ribet, dimana setelah kita selesai edit, harus di save dan di upload ulang lagi. Tapi itu bukan masalah.

Semoga artikel saya ini bermanfaat. Silahkan share artikel ini keteman teman kamu agar mereka juga tau apa yang kamu tau. Kunjungi terus website ini agar tidak ketinggalan informasi unik lainnya yang mungkin akan bermanfaat.
Trimakasih


EmoticonEmoticon